Headlines

Artikel ini membahas tentang sejarah pendirian Sekolah Makassar, perkembangannya, serta prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh sekolah tersebut.


Artikel ini membahas tentang sejarah pendirian Sekolah Makassar, perkembangannya, serta prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh sekolah tersebut. Sekolah Makassar merupakan salah satu lembaga pendidikan terkemuka di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dengan sejarah panjang dan reputasi yang baik, sekolah ini telah memberikan kontribusi besar bagi dunia pendidikan di daerah tersebut.

Sejarah pendirian Sekolah Makassar dapat ditelusuri hingga awal abad ke-19. Pada masa itu, pendidikan di Makassar masih terbatas dan tidak banyak lembaga pendidikan yang tersedia. Namun, pada tahun 1826, Belanda mendirikan sebuah sekolah dasar di Makassar yang dikenal dengan nama Hollandsch-Inlandsche School (HIS). Sekolah ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dasar kepada anak-anak pribumi dan Belanda di daerah tersebut.

Selama masa penjajahan Belanda, Sekolah Makassar mengalami perkembangan yang pesat. Pada tahun 1919, sekolah ini berganti nama menjadi Hollandsch-Chineesche School (HCS), setelah Belanda menjalin hubungan yang kuat dengan Tiongkok. Perubahan nama ini juga mencerminkan adanya peningkatan jumlah siswa Tionghoa di sekolah ini.

Setelah kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1950, nama sekolah ini berubah lagi menjadi Sekolah Rakyat (SR) Makassar. Pada masa itu, sekolah ini menjadi salah satu lembaga pendidikan yang berperan penting dalam memajukan pendidikan di Makassar. Pemerintah kota Makassar mulai mengakui peran dan kontribusi sekolah ini dalam dunia pendidikan.

Pada tahun 1971, Sekolah Rakyat Makassar berganti nama menjadi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Makassar. Perubahan ini mencerminkan status resmi sekolah ini sebagai sekolah negeri yang dikelola oleh pemerintah. SDN 1 Makassar terus berkembang dan menjadi salah satu sekolah dasar terbaik di kota Makassar.

Seiring berjalannya waktu, SDN 1 Makassar terus mengalami perkembangan yang signifikan. Dalam beberapa tahun terakhir, sekolah ini berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan. Salah satu prestasinya adalah meraih juara dalam lomba cerdas cermat tingkat nasional pada tahun 2018. Prestasi ini menunjukkan komitmen dan dedikasi sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Referensi:
1. “Sejarah Sekolah Makassar.” www.makassar.go.id, www.makassar.go.id/sejarah-sekolah-makassar, diakses pada 12 Oktober 2021.
2. “SDN 1 Makassar Raih Juara Lomba Cerdas Cermat Tingkat Nasional.” www.makassar.tribunnews.com, www.makassar.tribunnews.com/2018/10/25/sdn-1-makassar-raih-juara-lomba-cerdas-cermat-tingkat-nasional, diakses pada 12 Oktober 2021.