Headlines

Link: https://www.kompasiana.com/risnawati/5c3d9a3dab12ae7c8b0d3327/pentingnya-sekolah-negeri-sebagai-penyelenggara-pendidikan-di-indonesia


Pentingnya Sekolah Negeri sebagai Penyelenggara Pendidikan di Indonesia

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan suatu negara. Melalui pendidikan, sumber daya manusia dapat dikembangkan sehingga mampu berkontribusi secara maksimal dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan. Di Indonesia, salah satu penyelenggara pendidikan yang memiliki peran strategis adalah sekolah negeri. Artikel ini akan membahas mengapa sekolah negeri memiliki kepentingan yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia.

Pertama, sekolah negeri memiliki peran dalam menjamin hak setiap warga negara untuk mendapatkan pendidikan berkualitas. Pasal 31 UUD 1945 menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Dalam konteks ini, sekolah negeri memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan kepada semua anak Indonesia secara adil dan merata, tanpa membedakan latar belakang sosial, ekonomi, maupun agama. Hal ini sejalan dengan prinsip inklusivitas yang dianut oleh sistem pendidikan di Indonesia.

Kedua, sekolah negeri memiliki kepentingan dalam memberikan pendidikan yang sesuai dengan kurikulum nasional. Kurikulum nasional dirancang dengan tujuan untuk mencapai standar pendidikan yang setara di seluruh wilayah Indonesia. Sekolah negeri sebagai lembaga pendidikan yang dikelola oleh pemerintah memiliki kewajiban untuk mengimplementasikan kurikulum nasional ini. Dalam hal ini, sekolah negeri berperan penting dalam menjaga keseragaman dan mutu pendidikan di seluruh Indonesia.

Ketiga, sekolah negeri memiliki kepentingan dalam memberikan akses pendidikan kepada masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. Salah satu tujuan pendirian sekolah negeri adalah untuk memberikan pendidikan yang terjangkau bagi semua kalangan. Dalam hal ini, sekolah negeri berperan sebagai sarana untuk mengurangi kesenjangan pendidikan antara masyarakat kaya dan masyarakat miskin. Dengan adanya sekolah negeri, anak-anak dari keluarga kurang mampu memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Referensi:
1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2. Kompasiana. “Pentingnya Sekolah Negeri sebagai Penyelenggara Pendidikan di Indonesia.” Tersedia di: (diakses pada 21 Februari 2022).
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Kurikulum 2013.” Tersedia di: (diakses pada 21 Februari 2022).