Headlines

Link: https://www.merdeka.com/peristiwa/peranan-sekolah-negeri-dalam-pembangunan-pendidikan-nasional.html


Peranan Sekolah Negeri dalam Pembangunan Pendidikan Nasional

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan suatu negara. Melalui pendidikan, sumber daya manusia dapat ditingkatkan kualitasnya untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Salah satu lembaga yang memiliki peran penting dalam pembangunan pendidikan nasional adalah sekolah negeri.

Sekolah negeri adalah lembaga pendidikan yang dikelola oleh pemerintah dan menerima dana dari negara. Fungsi sekolah negeri tidak hanya sebagai tempat untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, tetapi juga sebagai sarana untuk membentuk karakter dan moral yang baik pada generasi muda. Berikut adalah beberapa peran penting sekolah negeri dalam pembangunan pendidikan nasional:

1. Aksesibilitas Pendidikan: Salah satu peran utama sekolah negeri adalah memberikan akses pendidikan yang lebih luas kepada masyarakat. Dengan adanya sekolah negeri di berbagai wilayah, baik di perkotaan maupun di pedesaan, masyarakat dapat dengan mudah mengakses pendidikan tanpa harus merasa terbebani oleh biaya yang tinggi.

2. Standar Pendidikan yang Terjamin: Sekolah negeri memiliki standar pendidikan yang dijamin oleh pemerintah. Hal ini berarti bahwa setiap sekolah negeri harus memenuhi standar tertentu dalam penyelenggaraan pendidikan, termasuk kualitas guru, kurikulum, dan sarana prasarana. Dengan demikian, pendidikan yang diberikan di sekolah negeri dapat dijamin kualitasnya.

3. Pembentukan Karakter dan Moral: Sekolah negeri juga berperan dalam membentuk karakter dan moral peserta didik. Melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan pendidikan nilai, sekolah negeri berusaha membentuk siswa menjadi individu yang memiliki integritas, disiplin, dan tanggung jawab terhadap diri sendiri, lingkungan, dan bangsa.

4. Pembangunan Sumber Daya Manusia: Sekolah negeri berperan dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan menyediakan pendidikan yang berkualitas, sekolah negeri dapat membantu menciptakan generasi muda yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam menghadapi persaingan global.

5. Menjaga Kesetaraan: Salah satu prinsip pendidikan nasional adalah menjaga kesetaraan dalam mendapatkan pendidikan. Sekolah negeri berperan dalam menjaga kesetaraan ini dengan memberikan kesempatan yang sama bagi semua lapisan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas tanpa diskriminasi.

Referensi:
1. Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Sekolah Negeri. Diakses pada 10 Oktober 2021, dari

Dalam kesimpulannya, sekolah negeri memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan pendidikan nasional. Melalui aksesibilitas pendidikan yang lebih luas, standar pendidikan yang terjamin, pembentukan karakter dan moral, pembangunan sumber daya manusia, serta menjaga kesetaraan, sekolah negeri dapat berkontribusi dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menghadapi masa depan. Oleh karena itu, peran sekolah negeri harus terus ditingkatkan dan didukung oleh semua pihak guna mewujudkan pembangunan pendidikan nasional yang lebih baik.