Headlines

Sejarah dan Perkembangan Sekolah di Surabaya – Artikel ini menjelaskan sejarah pendidikan di Surabaya dan perkembangan sekolah-sekolah di kota ini dari masa ke masa.


Sejarah dan Perkembangan Sekolah di Surabaya

Sekolah adalah lembaga pendidikan yang memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan peningkatan pengetahuan masyarakat. Di Indonesia, Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki sejarah panjang dalam perkembangan sistem pendidikan. Artikel ini akan menjelaskan sejarah pendidikan di Surabaya dan perkembangan sekolah-sekolah di kota ini dari masa ke masa.

Sejarah pendidikan di Surabaya dapat ditelusuri sejak masa kolonial Belanda. Pada awal abad ke-19, Belanda mendirikan beberapa sekolah dasar di Surabaya untuk anak-anak pegawai Eropa. Salah satu sekolah tersebut adalah HIS (Hollandsch-Inlandsche School), yang didirikan pada tahun 1860. Sekolah ini memberikan pendidikan kepada anak-anak pribumi yang dipilih secara selektif. HIS menjadi landasan bagi perkembangan pendidikan di Surabaya pada masa itu.

Pada awal abad ke-20, Surabaya mulai mengalami perkembangan pesat dalam bidang pendidikan. Pada tahun 1912, dibuka sekolah menengah pertama bernama MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) yang memberikan pendidikan selama lima tahun. Kemudian, pada tahun 1921, didirikan sekolah menengah atas bernama HBS (Hogere Burgerschool) yang memberikan pendidikan selama tiga tahun. Kedua sekolah ini menjadi landasan bagi perkembangan pendidikan menengah di Surabaya.

Setelah kemerdekaan Indonesia, perkembangan pendidikan di Surabaya semakin pesat. Pemerintah Republik Indonesia memperluas akses pendidikan dengan mendirikan lebih banyak sekolah dasar dan menengah. Pada tahun 1950, didirikan SMA Negeri 1 Surabaya, sekolah menengah atas pertama di Surabaya yang memberikan pendidikan umum. Pada tahun yang sama, didirikan juga SMP Negeri 1 Surabaya, sekolah menengah pertama pertama di Surabaya yang memberikan pendidikan umum.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan pendidikan di Surabaya semakin maju. Banyak sekolah swasta juga ikut berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kota ini. Sekolah-sekolah swasta terus bermunculan dan memberikan beragam pilihan pendidikan kepada masyarakat Surabaya.

Referensi:
1. Suharto, H. Sejarah Pendidikan Nasional. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
2. Sutarman, A. Sejarah Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
3. Suroso, E. Sejarah Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Perkembangan sekolah di Surabaya merupakan bukti komitmen pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan adanya berbagai pilihan sekolah, diharapkan setiap individu dapat memperoleh pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi diri. Perkembangan ini juga menjadi landasan kuat dalam menciptakan generasi muda yang berpendidikan tinggi dan berkompeten.