Headlines

Sejarah Sekolah Tanjung Selor:


Sejarah Sekolah Tanjung Selor

Sekolah Tanjung Selor merupakan sebuah institusi pendidikan yang terletak di Kota Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara. Sebagai salah satu sekolah tertua di daerah tersebut, Sekolah Tanjung Selor memiliki sejarah panjang yang kaya akan prestasi dan kontribusi dalam dunia pendidikan.

Sejarah Sekolah Tanjung Selor dimulai pada tahun 1950-an, saat daerah ini masih dikenal dengan nama Tarakan. Pada masa itu, pendidikan formal di daerah ini masih sangat terbatas, dengan hanya sedikit sekolah yang tersedia. Melihat kebutuhan akan pendidikan yang semakin meningkat, pemerintah setempat bersama dengan masyarakat sekitar sepakat untuk mendirikan sebuah sekolah baru.

Pendirian Sekolah Tanjung Selor tidak lepas dari peran serta masyarakat setempat yang memberikan dukungan penuh. Dalam waktu yang relatif singkat, sebuah gedung sekolah didirikan dan peralatan pendidikan yang diperlukan berhasil dihimpun. Pada tanggal 5 April 1953, Sekolah Tanjung Selor secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan setempat dengan jumlah murid awal sebanyak 75 orang.

Selama beberapa tahun pertama, Sekolah Tanjung Selor hanya memiliki tingkat pendidikan dasar, yaitu sekolah dasar. Namun, dengan bertambahnya jumlah murid dan kebutuhan akan tingkat pendidikan yang lebih tinggi, secara bertahap sekolah ini pun mengembangkan jenjang pendidikan hingga tingkat menengah. Kini, Sekolah Tanjung Selor memiliki jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Sejak berdiri, Sekolah Tanjung Selor telah berhasil mencetak banyak lulusan yang sukses di berbagai bidang. Banyak alumni Sekolah Tanjung Selor yang berhasil melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ternama baik di dalam maupun luar negeri. Prestasi-prestasi akademik dan non-akademik juga sering diraih oleh siswa-siswi sekolah ini dalam berbagai kompetisi tingkat regional maupun nasional.

Selain itu, Sekolah Tanjung Selor juga berperan aktif dalam mendorong pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan. Melalui program-program pengabdian masyarakat, siswa-siswi sekolah ini terlibat dalam kegiatan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Dengan kolaborasi antara siswa, guru, dan masyarakat, Sekolah Tanjung Selor terus berupaya menjadi lembaga pendidikan yang berperan dalam memajukan daerah ini.

Sebagai salah satu sekolah tertua di daerah ini, Sekolah Tanjung Selor telah menjadi bagian integral dari sejarah pendidikan di Kalimantan Utara. Dengan dedikasi dan komitmen yang tinggi, sekolah ini terus berusaha memberikan pendidikan berkualitas bagi generasi muda daerah ini.

Referensi:
1. Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. (2021). Sekolah Tanjung Selor. Diakses pada 13 Oktober 2021, dari
2. Data dan Informasi Pendidikan Kalimantan Utara. (2020). Sekolah Menengah Atas Negeri di Kalimantan Utara. Diakses pada 13 Oktober 2021, dari